expr:content='data:blog.pageTitle + " - Japanese cultures and whatever"' name='description'/> expr:content='data:blog.pageName + ", jepang, japan, budaya, culture, samurai"' name='keywords'/>

Jumat, Maret 02, 2012

Ichimatsu Ningyo, Si Duta Persahabatan


Ichimatsu ningyo (市松人形) adalah boneka tradisional Jepang yang berbentuk anak kecil. Matanya terbuat dari kaca dan wajahnya dicat menyerupai warna kulit manusia. Fungsinya tidak hanya sebagai hiasan, tapi juga bisa dimainkan, dan kimono-nya dapat diganti-ganti. Boneka ini merupakan hadiah yang terkenal karena mencerminkan budaya tradisional dan pakaian asli Jepang.

Boneka Ichimatsu dikenal pertama kali di Barat pada tahun 1927, ketika 58 boneka dikirim dari Jepang ke Amerika sebagai "Duta Persahabatan". Tingginya 32 inci dan mewakili karya sejumlah seniman dan produsen boneka. Boneka-boneka ini sekarang diabadikan di museum-museum, namun 15 darinya menghilang. Boneka Ichimatsu terkenal sebagai hadiah bagi para pendatang di Jepang. Di tahun 1930-an, beberapa boneka jenis ini dikirim kepada orang-orang terkenal seperti Helen Keller dan Shirley Temple. Karena itulah, di Barat, boneka Ichimatsu dikenal dengan nama "boneka persahabatan".

Tinggi bone
ka Ichimatsu adalah 20-80 cm, namun umumnya 40 cm. Bagian kepala dan badannya terpisah dan terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya memiliki persendian yang dapat digerakkan. Kimono-nya dibuat dengan tangan dan bervariasi, sehingga tidak ada boneka Ichimatsu yang tampak sama. Kimono ini dapat diganti-ganti sesuai keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar