expr:content='data:blog.pageTitle + " - Japanese cultures and whatever"' name='description'/> expr:content='data:blog.pageName + ", jepang, japan, budaya, culture, samurai"' name='keywords'/>

Kamis, Mei 16, 2013

Honda Tadakatsu

Lahir pada 17 Maret 1548, Honda Heihachiro alias Honda Tadakatsu mengabdi pada Tokugawa Ieyasu pada periode Edo sebagai salah satu dari Empat Raja Surga Tokugawa. Sebagai bawahan Tokugawa, Tadakatsu adalah seorang veteran tak terkalahkan yang telah melalui ratusan pertempuran dan dijuluki "Pahlawan yang Melampaui Kematian".
Julukan itu didapatnya karena ia tidak pernah mengalami luka parah dalam setiap pertempuran yang pernah dilaluinya.

Patung Honda Tadakatsu di Kuwana
(en.wikipedia.org)
Dalam pertarungan, Tadakatsu menggunakan sebuah tombak panjang bernama Tonbo-giri (Pemotong Capung). Konon ujung tombak tersebut sangat tajam, sampai-sampai capung yang hinggap di atasnya dapat terpotong menjadi dua. Tombak ini merupakan salah satu dari Tiga Tombak Hebat dari Jepang. Helm yang dikenakannya dihiasi dengan tanduk rusa, yang membuatnya mudah dikenali selama pertempuran. Ia menungguangi kuda yang bernama Mikuniguro.

Honda Tadakatsu dalam game Sengoku Musou 2
(cosplaygallery.blogspot.com)
Peristiwa paling terkenal mengenai Tadakatsu terjadi pada tahun 1584, yaitu pada saat Pertempuran Komaki-Nagakute. Saat itu, pasukan Tokugawa kalah dan melarikan diri menuju Nagakute, namun dikejar oleh pasukan lawan (pasukan Toyotomi Hideyoshi). Hanya dengan pasukan yang berjumlah jauh lebih sedikit dari pasukan lawan (kira-kira 1 banding 50-60), Tadakatsu bersama Ishikawa Yasumichi menantang pasukan Hideyoshi dari seberang Sungai Shonai. Tindakannya itu membuat Hideyoshi takjub hingga ia akhirnya memerintahkan agar Tadakatsu dan pasukannya tidak dilukai.
Honda Tadakatsu dalam game Nobunaga's Ambition
(tobiasmastgrave.wordpress.com)

Tadakatsu ikut dalam Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600 yang akhirnya berlanjut dengan berakhirnya era Sengoku. Jepang pun memasuki masa damai di bawah pemerintahan Tokugawa Ieyasu. Ia meninggal pada 3 Desember 1610 di Edo karena penuaan.

Sumber:
Listverse - Top 10 Fascinating Samurai
Wikipedia - Honda Tadakatsu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar