expr:content='data:blog.pageTitle + " - Japanese cultures and whatever"' name='description'/> expr:content='data:blog.pageName + ", jepang, japan, budaya, culture, samurai"' name='keywords'/>

Kamis, Juni 20, 2013

Ganguro

Kulit putih, rambut hitam, make-up yang soft? Pasti sudah biasa melihat yang seperti itu di sosok selebriti Asia! Kalau begitu, pernah nggak melihat cewek Asia dengan ganguro style?


Aneh, ada-ada aja, tidak biasa, seram,... atau mungkin, bisa juga keren. Bukan Jepang namanya kalau tidak nyeleneh, apalagi dalam hal fashion.

Ganguro adalah salah satu tren fashion alternatif di kalangan wanita muda Jepang, yang pusatnya di distrik Shibuya dan Ikebukuro, Tokyo. Style ini dimulai oleh sejumlah anak muda yang menentang konsep tradisional Jepang mengenai kecantikan (kulit pucat, rambut hitam, dsb.). Pertentangan tersebut ditunjukkan melalui gaya yang mereka buat, yaitu dengan menghitamkan kulit, mewarnai rambut, serta menggunakan make-up dan aksesori berwarna cerah. Tren ganguro ini dimulai sejak pertengahan 1990-an dan menjadi sangat populer sejak tahun 2000.

Style hasil pengembangan ganguro adalah yamanba dan manba. Yamanba dan manba 'kuno' (lebih dikenal sebagai Manba 2004) memiliki dandanan berupa kulit yang berwarna gelap, lipstik putih, make-up mata berwarna pastel, eyeliner berwarna metalik, softlens berwarna cerah, pakaian berwarna menyolok, dan rambut berwarna-warni. Sedangkan manba yang sekarang memiliki gaya yang lebih ekstrim, dengan rambut sintesis yang lebih berwarna-warni dan warna kulit yang lebih gelap.

Kata "ganguro" berasal dari frase "ganganguro" yang berarti "sangat gelap". Sedangkan istilah "yamanba" berakar dari yama-uba, nama sesosok penyihir hutan dalam cerita rakyat Jepang, yang mana penampilannya diyakini merupakan inspirasi dari gaya yamanba yang kita kenal sekarang.

Ganguro
















Manba & Yamanba


 














Referensi gambar-gambar:
midnightmuzik.blogspot.com
livedoor.blogimg.jp
f.hatena.ne.jp
ja.wikipedia.org
www5f.biglobe.ne.jp
jp.hjenglish.com
tanteifile.com
wwwgeinounowww.blog55.fc2.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar