expr:content='data:blog.pageTitle + " - Japanese cultures and whatever"' name='description'/> expr:content='data:blog.pageName + ", jepang, japan, budaya, culture, samurai"' name='keywords'/>

Sabtu, Januari 26, 2013

Umi no Hi, Hari Libur untuk Mengenang Laut

Perayaan pada Umi no Hi (blog.mikesryukyugallery.com)
Mengunjungi akuarium
(ikyu-ruthersroom.blogspot.com)
Mengunjungi pantai (tokyotopia.com)
Umi no Hi atau Hari Laut adalah salah satu hari libur nasional Jepang, yang jatuh pada hari Senin minggu ketiga di Juli. Diadakannya hari ini adalah sebagai bentuk syukur orang Jepang atas segala karunia yang berasal dari laut. Pasalnya, laut telah memberikan peranan penting dalam sejarah Jepang, terutama Tokyo. Selama Periode Edo, salah satu alasan terputusnya hubungan Jepang dengan dunia luar adalah keberadaannya sebagai sebuah negara kepulauan. Kedatangan Kapten Perry dan kapal-kapal hitam di Teluk Tokyo lantas memaksa Jepang untuk menerima permintaan Amerika untuk membuka pintu terhadap dunia.

Umi no Hi diadakan pertama kali pada tahun 1996 setelah terjadi banyak perdebatan di parlemen. Sebelumnya, hari ini dikenal sebagai Hari Peringatan Laut, tapi tidak termasuk sebagai hari libur umum. Menteri komunikasi Shozo Murata memilih hari ini pada tahun 1941 untuk mengenang Kaisar Meiji dan pelayarannya pada tahun 1876 dengan Meijimaru, sebuah kapal uap dari besi yang dibuat di Skotlandia pada tahun 1874. Pada pelayaran ini, sang kaisar melakukan perjalanan ke wilayah Tohoku, menaiki sebuah perahu mercusuar di Aomori, dan pemberhentian singkat di Hakodate sebelum kembali ke Yokohama pada tanggal 20 Juli tahun itu.

Melalui adanya Sistem Happy Monday, Umi no Hi lantas dipindahkan pada hari Senin minggu ketiga bulan Juli. Sistem Happy Monday adalah keputusan pemerintah untuk memindahkan sejumlah hari libur nasional ke hari Senin untuk membuat libur akhir pekan bertambah panjang. Hari libur tidak dipindahkan ke hari Senin terdekat, namun ke hari Senin minggu tertentu mengikuti sistem yang digunakan di Amerika Serikat.

Pada Umi no Hi, banyak orang yang pergi ke pantai dan mengikuti festival-festival yang berhubungan dengan laut. Selain itu, sejumlah akuarium dan kolam renang di Tokyo akan mengadakan berbagai event dan diskon.


Referensi:
Umi no Hi - Tokyotopia
Marine Day - Wikipedia

Sistem Happy Monday - Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar