expr:content='data:blog.pageTitle + " - Japanese cultures and whatever"' name='description'/> expr:content='data:blog.pageName + ", jepang, japan, budaya, culture, samurai"' name='keywords'/>

Minggu, September 13, 2009

Chokuto

OK, mulai first post yang rada serius... *loading... sebenernya ga tau mulai nulis apaan*
"Chokuto" aja yah...

Kalo di Indonesia, banyak orang yang salah kaprah menganggap bahwa pedang Jepang itu namanya "samurai". Padahal sebenernya nggak juga loh. Lebih bener kalau kita sebut itu "katana", karena umumnya samurai di zamannya tuh pake katana, pedang dengan panjang sekitar 1,5 m yang biasanya seeh dipaduin sama ped
ang pendek yang namanya wakizashi.
Pada dasarnya, pedang Jepang memiliki perubahan dari masa ke masa serta memiliki berbagai macam dan bentuk. Nah, untuk kali ini, yang bakalan aku bahas adalah soal chokuto.

Ngg, what is chokuto? Buat yang sering nonton Naruto, pasti tahu kan senjatanya Sasuke yang di Naruto Shippuden. Nah kira-kira gitu lah bentuknya.

Secara harfiah, chokuto (
直刀) berarti "straight sword (pedang lurus)". Chokuto digunakan oleh para petarung Jepang di zaman Heian (sekitar tahun 500-an). Katanya seeh desainnya di-import dari Korea n Cina. Bentuk lurusnya itu didasarkan pada bentuk iron sword Cina di zaman Dinasti Han yang panjang n bener-bener lurus. Secara tipikal, chokuto terbentuk dari blade style bernama "hira-zukuri" dan "kiriha-zukuri tsukurikomi". Beberapa ratus tahun kemudian (mungkin nggak sampai ratusan tahun yah... Nggak tahu deh, aku nggak ngerti sampai sejauh itu...), penggunaan chokuto semakin menipis karena adanya katana dan tachi. Keduanya kan bentuknya lebih panjang, lebih melengkung, dan lebih ringan, sehingga dianggap penggunaannya lebih efektif dibandingkan chokuto. Buat yang suka maen game atau nonton film ber-setting Jepang zaman dulu, pasti udah sering ngelihat senjata yang satu ini. Di beberapa kasus seeh (termasuk aku juga seeh...) sering lihat tapi ga tau namanya. Di game PS2 Shin Onimusha: Dawn of Dreams, senjata ini digunakan oleh Yagyu Jubei (namanya Miike Tenta). Di film Kill Bill, chokuto digunakan oleh tokoh Oren Ishii (diperankan oleh Lucy Liu).

[gambar dari http://www.arscives.com. Bukan aku yang punya!]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar