expr:content='data:blog.pageTitle + " - Japanese cultures and whatever"' name='description'/> expr:content='data:blog.pageName + ", jepang, japan, budaya, culture, samurai"' name='keywords'/>

Minggu, November 15, 2009

Battles of Kawanakajima

Buat kalian yang suka banget ama game-game macem Sengoku Musou, Sengoku Basara, n game Sengoku-Sengoku laennya, pasti dah ga asing lagi ama Kawanakajima. Buat kalian yang hampir ga pernah denger, mungkin kalian bakalan bilang, "Kenapa 'battles' bukan 'battle'?"" pas ngebaca judul posting kali ini. Nah, sekarang kujelasin ajah dikit-dikit yah.

Battle of Kawanakajima (Kawanakajima no tatakai 川中島の戦) merupakan pertempuran antara Takeda Shingen dari Kai dan Uesugi Kenshin dari Echigo, yang terjadi pada zaman Sengoku di Jepang. Lokasi pertempurannya? Ya di Kawanakajima sendiri lah! K'lo sekarang, tuh tempat adalah bagian selatan dari kota Nagano. Pertempuran ini terjadi sebanyak 5 kali, yaitu di tahun 1553, 1555, 1557, 1561, dan 1564. Yang terdahsyat adalah pertempuran keempat yaitu pada tanggal 10 September 1561.

Di pertempuran keempat, Uesugi Kenshin menarik pasukan Takeda ke pertempuran dengan memberikan ancaman terhadap Kastil Kaizu. Shingen memimpin 20.000 prajurit ke area pertempuran, membuat sebuah lingkaran besar mengelilingi kamp Kenshin di Gunung Saijo dan memasuki Kaizu. Shingen kemudian memutuskan untuk menjalankan rencana Yamamoto Kansuke, yang mana satu bagian dari pasukan Takeda harus menyiapkan penyerbuan ke Kawanakajima, sedangkan bagian yang lain menyerang Kenshin dari Saijo ketika malam. Shingen membawa 8.000 prajurit ke Kawanakajima ketika Kosaka Masanobu dan Baba Nobufusa memimpin 12.000 orang ke Saijo. Sayangnya, Kenshin berhasil mempelajari gerakan pasukan Takeda dan mengubah strateginya. Ia membawa pasukannya keluar dari Saijo, menuju Kosaka dan Baba, hingga berhasil menggagalkan rencana pasukan Takeda ketika subuh.

Pertempuran berlangsung seru dan berhasil merenggut nyawa Takeda N
obushige dan Morozumi Masakiyo. Kansuke bertarung dengan gagah berani, tapi kemudian bunuh diri.

Dikatakan bahwa dalam pertempuran tersebut terdapat satu bagian di mana Shingen dan Kenshin melakukan pertarungan satu lawan satu. Tapi, katanya itu seeh cuman sekedar colorful legend.


Ow ya, buat kalian yang penggemar Japanese rock, terutama Gackt,
mungkin udah ga asing lagi dengan film seri Furinkazan. Yup, di film ini, Gackt berperan sebagai Uesugi Kenshin si Naga dari Echigo. Sayangnya+ aku yang sebenernya juga demen abizz ama Gackt ini malah ga pernah sedikit pun nonton tuh film (cuman nonton trailer-nya seeh, selebihnya ga pernah...).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar